Pelatihan Kerja & Sertifikasi Online Berkualitas TopEdu | nucareer.id
topkarir-logo
Pencari Karir Pencari Kandidat

PROGRAM BEASISWA KEPEMIMPINAN TELADAN DARI TANOTO FOUNDATION

19 Agustus 2021 12:08 Pembekalan Karir 3745 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 9 KALI DIBAGIKAN

TELADAN: TRANSFORMASI EDUKASI UNTUK MELAHIRKAN PEMIMPIN MASA DEPAN

Program TELADAN merupakan salah satu inisiatif Tanoto Foundation dalam membangun generasi unggul dan pemimpin masa depan yang tangguh untuk berkontribusi membawa dampak positif untuk Indonesia.

 

Dalam program ini, Tanoto Foundation memberikan dukungan pengembangan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur, kesempatan pengembangan diri hingga tingkat global, pengabdian masyarakat, berbagai sarana kolaborasi dan jejaring, disertai dengan dukungan biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup.

 

Sasaran program TELADAN adalah mahasiswa semester pertama dari 9 perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation. Mahasiswa semester pertama yang memiliki prestasi di berbagai bidang, pengalaman organisasi, serta menunjukkan potensi kepemimpinan yang berintegritas disarankan mendaftarkan diri pada program TELADAN.

 

Perguruan Tinggi Mitra TANOTO FOUNDATION

  1. Universitas Andalas
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Sumatera Utara
  6. Institut Pertanian Bogor
  7. Universitas Diponegoro
  8. Universitas Riau
  9. Institut Teknologi Bandung

 

Persyaratan Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN.
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik (minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10).
  4. Memiliki prestasi non-akademik, pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya.
  5. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.
  6. Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah.
  7. Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial dari pemerintah maupun lembaga lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN.
  8. Mendaftarkan diri secara online pada website Tanoto Foundation.

 

Periode Pendaftaran

17 AGUSTUS - 30 SEPTEMBER 2021

 

Proses Seleksi

  1. SELEKSI DOKUMEN Tanoto Foundation memeriksa kelengkapan administrasi dan dokumen.
  2. ASESMEN Pelamar yang lolos seleksi tahap pertama akan mengikuti serangkaian asesmen mencakup asesmen intelegensi, kemampuan memberikan solusi, mengatasi konflik, mengambil keputusan, dan potensi kepemimpinan.
  3. WAWANCARA Interaksi langsung Tanoto Foundation dengan kandidat program TELADAN untuk lebih jauh mengenal karakter kandidat.

 

Manfaat bagi TANOTO Scholars

  • DUKUNGAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN

Tanoto Scholars akan bersama-sama mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kepemimpinan yang dirancang secara terstruktur dan berkelanjutan dalam tahapan kurikulum program TELADAN.

 

  • DUKUNGAN BIAYA KULIAH DAN TUNJANGAN HIDUP

Tanoto Scholars akan mendapatkan biaya kuliah yang dibayarkan secara penuh dan langsung kepada perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation, serta tunjangan biaya hidup bulanan yang dibayarkan langsung kepada Tanoto Scholars, sejak perjanjian ditandatangani hingga semester 8.

 

  • DUKUNGAN LINGKARAN PENGEMBANGAN TELADAN

1. TANOTO SCHOLARS ASSOCIATION (TSA)

Hadir di setiap perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation sebagai wadah/komunitas untuk semua Tanoto Scholars bertemu dan berinteraksi sebagai satu keluarga baru.

 

2. PAY IT FORWARD INITIATIVE

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh TSA untuk memberikan dampak positif secara langsung dan terus-menerus kepada komunitas/masyarakat di sekitar tempat.

 

3. TANOTO SCHOLARS GATHERING (TSG)

Aktivitas tahunan yang mempertemukan seluruh Tanoto Scholars untuk melakukan kegiatan bersama.

 

4. TANOTO STUDENT RESEARCH AWARD (TSRA)

Hibah tahunan berupa dukungan dana penelitian/riset di mitra perguruan tinggi Tanoto Foundation dan terbuka untuk setiap mahasiswa di perguruan tinggi mitra tersebut.

 

5. INTERNSHIP

Kesempatan bagi Tanoto Scholars untuk mendapatkan pengalaman magang di Tanoto Foundation, kelompok perusahaan Royal Golden Eagle (RGE), ataupun mitra industri lainnya.

 

6. SPONSORSHIP

Kesempatan bagi Tanoto Scholars untuk mendapatkan dukungan finansial tambahan untuk mengikuti kompetisi, konferensi, maupun aktivitas pengembangan diri lainnya.

 

7. GLOBAL EXPERIENCES PROGRAM

Kesempatan bagi para Tanoto Scholars yang berprestasi untuk mendapatkan pengalaman global dan membangun jejaring internasional melalui program jangka pendek di luar negeri, seperti summer course, exchange program, atau lainnya.

 

  • JARINGAN ALUMNI DI INDONESIA DAN DUNIA

Setelah lulus, Tanoto Scholars akan bergabung bersama dengan jaringan alumni program TELADAN yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan di belahan dunia lainnya.

 

Dalam jaringan alumni, selain terkoneksi untuk saling menginspirasi satu sama lain, juga ada kegiatan pengembangan profesional atau peningkatan kapasitas seiring kebutuhan perkembangan dunia.

 

DAFTAR SEKARANG DI www.tanotofoundation.org/teladan2022

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Mendapatkan Uang Dari Video Game

Cara Mendapatkan Uang Dari Video Game

Salah satu aktivitas terbaik dari kehidupan adalah bermain video game. Ini adalah aktivitas yang membawa kesenangan bagi siapapun yang melakukannya. Menariknya lagi aktivitas tersebut bisa menghasilkan uang lho, seru kan? Nah berikut ini cara untuk mendapatkan uangnya, simak ya! Menjadi gamer profesional Kalo kamu memiliki skill atau keterampilan bermain game yang baik atau mungkin di atas rata-rata, maka kamu bisa mencoba untuk terjun kedalam industri gaming sebagai gamer profesional. kamu bisa mendapatkan penghasilan yang besar dari kemenangan di tiap turnamen atau sponsor   Menjadi game tester Sebagai game tester, tugas sebagai game tester adalah menguji segala hal yang diinginkan oleh Developer termasuk mendokumentasikan bug atau masalah yang kalian temui. Dengan profesi ini kamu bisa mendapatkan penghasilan lho. Profesi yang menyenangkan ya?   Host podcast Kamu bisa membuat podcast seputar video game, bisa kamu buat harian, mingguan atau bulanan. Isinya bisa berupa diskusi berupa opini atau pendapat, sesi tanya jawab dengan gamer pro, bisa juga tips atau saran untuk beberapa game tertentu.    Menjadi live streamer Ini pekerjaan yang sangat mudah, kamu hanya perlu duduk, bermain game, lalu mengoceh atau berinteraksi dengan audiens kalian. Ada berbagai platform yang bisa kamu gunakan, seperti youtube & Twitch. Mudah kan?   Gimana? tertarik untuk mencoba atau menekuni profesi-profesi di atas? Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online Pemula

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online Pemula

Memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah, ketika usaha sudah dirintis pun, akan banyak tantangan yang harus dilewati untuk memastikan bisnis tetap berkembang dan menghasilkan keuntungan. Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, banyak pengusaha lama maupun pebisnis pemula yang fokus memasarkan produknya melalui sistem online.   Berbisnis online memang punya banyak kelebihan dibanding bisnis konvensional. Kamu bisa melakukan pekerjaan secara remote, jangkauan promosi yang lebih luas dan biaya yang jauh lebih terjangkau. Tapi, nyatanya memulai bisnis online nggak semudah yang dibayangkan lho. Buktinya banyak bisnis kecil yang gagal bertahan dan terpaksa mundur di tengah jalan.   Oleh karena itu, sebelum mulai merintis sebuah bisnis, kamu perlu memperhatikan hal apa aja sih yang bisa menghalangi kelancaran bisnis online-mu. Berikut 5 kesalahan pebisnis online yang mesti kamu hindari.   Tujuan dan rencana yang tidak jelas Banyak orang yang berpikir cukup dengan mengandalkan modal besar untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan dan menjaga keberlangsungan bisnis. Anggapan itu justru keliru, modal memang hal yang penting untuk membangun sebuah bisnis, tapi yang nggak kalah penting dan wajib dimiliki sebuah bisnis adalah tujuan. Untuk mencapai dan mengukur keberhasilan, kamu perlu menetapkan tujuan bisnis yang jelas.   Setelah menemukan tujuan dari bisnis kamu, selanjutnya buat rencana bisnis yang diinginkan. Rencana bisnis akan membantumu dalam menggapai tujuan bisnis yang sudah ditetapkan. Selain itu, tujuan dan rencana bisnis juga dibutuhkan oleh para pebisnis agar menarik para investor yang mau menanamkan modal.    Belum menemukan keunggulan produk Banyak pebisnis pemula yang gegabah memulai usaha hanya karena tren yang lagi berkembang, padahal belum tentu produknya dibutuhkan pasar. Sebelum menentukan produk usaha yang mau kamu buat, hal pertama yang harus dilakukan yakni melakukan riset, apa yang dibutuhkan oleh pasar. Sebuah produk usaha harus berawal dari permasalahan yang ada di masyarakat, bagaimana produk kamu bisa menjawab permasalahan dan kebutuhan yang ada.   Setelah itu, temukan keunggulan produk yang menjadi keunikan dan bisa meningkatkan daya jual. Bisa berupa kemasan, rasa, harga, bahan baku, desain sampai pelayanan konsumen, temukan hal yang membedakan produk kamu dengan produk serupa di pasaran. Kamu bisa belajar bisnis dan mencari keunggulan produk langsung dari para pakar dan pelaku usaha berpengalaman di APINDO UMKM AKADEMI, tonton siaran webinarnya gratis di sini.    Platform yang tidak tepat Kesalahan pebisnis online pemula lainnya adalah memilih platform berjualan yang kurang tepat. Banyak jenis platform untuk berjualan online mulai dari blog, forum jual beli, marketplace, aplikasi messenger, media sosial maupun website.   Konten pemasaran yang tidak efektif Banyak pebisnis online yang nggak menjalankan strategi konten dengan baik, sehingga akun usahanya terkesan monoton dan nggak menarik. Mulai dengan memberikan pendekatan melalui media sosial dengan konten-konten yang informatif, inspiratif, menghibur atau sesuaikan dengan kebutuhan audiensmu.   Komunikasi satu arah Komunikasi satu arah juga bisa menyebabkan usaha online kamu nggak dilirik atau bahkan ditinggalkan konsumen. Kalau kamu hanya melakukan komunikasi satu arah maka konten yang disajikan akan terkesan membosankan. Apapun platform berjualan kamu pastikan interaksi yang terjalin antara konsumen dengan brand berjalan baik.   Utamakan pelayanan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan terpercaya. Apapun masalah yang dimiliki konsumen terhadap produk kamu, kamu harus bisa membantu menyelesaikannya.   Itu tadi lima kesalahan pebisnis online pemula yang harus banget kamu hindari. Yuk baca tips-tips dan info seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!
Komentar