Pelatihan Kerja & Sertifikasi Online Berkualitas TopEdu | nucareer.id
topkarir-logo
Pencari Karir Pencari Kandidat

Panduan Lengkap Membuat CV untuk Mahasiswa Beserta Contoh

24 Maret 2021 20:03 2319 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dalam menyusun curriculum vitae (CV) saat masih berstatus mahasiswa, ada banyak contoh dan panduan lengkap yang bisa diikuti. Pada dasarnya, CV mahasiswa dengan CV pada umumnya merupakan hal yang sama. Namun yang membedakan, biasanya mahasiswa belum bisa memiliki banyak pengalaman kerja.

 

Karena belum banyak memiliki pengalaman kerja, CV mahasiswa bisa berfokus kepada minat, potensi, hingga kemampuan diri. Lebih mengeksplor diri daripada pengalaman relevan menjadi kunci di dalam CV mahasiswa. CV jenis ini biasanya sangat berguna bagi kamu yang ingin mulai program magang, atau sekedar mencari pengalaman kerja sebelum lulus.

 

Daftar Isi CV Mahasiswa

 

Sebelum memulai menyusun CV, kamu yang masih berstatus mahasiswa perlu memahami konten yang harus dicantumkan. Mulai dari data personal, hal yang diminati, hingga pengalaman di luar akademik, bisa menjadi sesuatu yang penting. Menjelaskan hal tersebut secara singkat, jelas, dan padat, merupakan hal yang paling penting untuk CV kamu.

 

CV yang baik dan benar, biasanya memiliki isi konten sebagai berikut.

 

Informasi personal

 

Mulai dari nama, alamat, hingga nomor kontak, merupakan hal yang paling penting untuk dicantumkan. Selain itu, alamat email dan media sosial LinkedIn juga cocok untuk memudahkan perekrut menghubungi kamu kembali. Selalu perhatikan kembali data diri yang telah kamu berikan.

 

Tentang diri

 

Setelah mencantumkan data informasi personal, kamu wajib menjelaskan tentang diri. Pastikan kamu bisa menjelaskan tentang diri kamu dengan singkat tanpa bertele-tele. Jelaskan diri kamu, kemampuan, hal yang disukai, hingga ambisi kamu, bisa cocok untuk dicantumkan.

 

Latar belakang pendidikan

 

Dalam mencantumkan latar belakang pendidikan, cukup hanya dua jenjang pendidikan terakhir. Perekrut tentu tidak terlalu ingin tahu latar belakang sekolah dasar kamu. Riwayat SMA hingga Kuliah biasanya sudah cukup bagi perekrut dalam menilai latar pendidikan kamu.

 

Pengalaman

 

Cantumkan pengalaman kerja dan jangan lupa untuk mendeskripsikan pengalaman tersebut. Selalu perhatikan jika pengalaman itu relevan atau tidak dengan posisi yang diinginkan. Pengalaman organisasi bisa menjadi hal yang cocok untuk dijelaskan.

 

Kemampuan

 

Selalu cantumkan kemampuan yang kamu kuasai. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan sertifikat pendukung atas kemampuan kamu tersebut. Semakin relevan dan bagus kemampuanmu, maka semakin besar juga peluang untuk lolos ke tahap interview.

 

Jika kamu merasa pengalaman kamu masih sedikit di CV, kamu juga bisa menambahkan kegiatan ekstrakurikuler, nilai akademik, minat, penghargaan, hingga riset atau projek selama menjadi mahasiswa. Penting rasanya untuk kamu menunjukkan perekrut, jika kamu merupakan kandidat yang memiliki nilai tinggi.

 

Contoh CV Mahasiswa

 

Daftar Riwayat Hidup

 

Wisnu Pradipta

wisnu.pradipta@gmail.com

085972xxx

Jl. Nanas, Makassar

Sulawesi Selatan, 35822

 

Tentang Saya

 

Saya Wisnu Pradipta, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Harapan Utama, angkatan 2018. Pada tahun 2019 saya menjabat sebagai kepala divisi desain grafis di pers mahasiswa. Sebagai kepala di divisi tersebut, saya bertanggung jawab penuh atas desain dari majalah. Karena hal itu, saya selalu memiliki minat besar untuk berkarir di bidang desain dan grafis.

 

Pendidikan

 

2015-2018 SMAN 3 Makassar

2018- Masih ditempuh, S1 Ilmu Komunikasi Universitas Harapan Utama

 

Pengalaman

 

HarapanNews, Universitas Harapan Utama

Kepala Divisi Desain dan Grafis (2019-2021)

 

Sebagai kepala divisi desain grafis, saya bertanggung jawab atas desain dan konten grafis yang dimuat di HarapanNews. Selain itu, saya juga turut andil dalam menentukan tema dan desain untuk edisi terbaru majalah produksi HarapanNews.

 

Kemampuan

 

 

  • Photoshop
  • Illustrator
  • InDesign
  • Corel Draw
  • After Effects

 

 

Penghargaan

 

2018 Juara 1 Melukis Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

2019 Mewakili Universitas Harapan Utama di Pameran Seni Sulsel 2019

2020 Menjadi pemateri dalam seminar desain dan grafis



Yuk simak tips karier lainnya di NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk memperoleh pekerjaan impianmu.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tipe Karyawan Yang Gaakan Di Cari HRD

Tipe Karyawan Yang Gaakan Di Cari HRD

Di dunia kerja modern saat ini, dibutuhkan lebih dari sekedar rasa setia dan berbakti kepada perusahaan. Kamu juga harus membuktikan nilai kepada atasan. Perlu kamu tau bahwa ada beberapa jenis karyawan perusahaan yang tidak bernilai sama seperti sebelumnya. Jika kamu termasuk salah satu jenis pekerja yang ini, berhati-hatilah, karena mungkin kamu akan kesulitan untuk maju. Berikut adalah lima tipe karyawan yang tidak diinginkan lagi oleh perusahaan. Simak ya.   Flat liner Ketika pertama kali mulai bekerja untuk perusahaan, kamu memiliki banyak tujuan dan gagasan baru. Sekarang, yang ingin kamu lakukan hanyalah memeriksa pekerjaan dan pulang, entah karena terlalu lelah atau sudah tidak peduli lagi. Jika kamu tidak mendapatkan motivasi dan mengembangkan cara untuk berkontribusi pada perusahaan, atasan mungkin akhirnya akan mendepak kamu.   Martir Ini adalah kebalikan dari flat liner. kamu akan melakukan apapun untuk kepentingan atasan tanpa banyak permintaan . Kata "tidak" tidak pernah kamu ucapkan. Namun hal ini juga tidak baik, karena pekerja yang bersikeras untuk melakukan segala sesuatu sendiri dapat menyebabkan masalah serius bagi diri mereka sendiri atau mungkin akan memiliki masalah kontrol diri dan mungkin bekerja terlalu keras untuk membuktikan diri, hal tersebut membawa ketidakseimbangan dalam tim kerja dan memicu risiko kelelahan.   Ghost Tujuan kamu datang ke kantor setiap hari hanyalah bekerja, menyelesaikan proyek, dan pulang. Begitu terus setiap harinya. Keinginan kamu adalah menghindari konflik sehingga bisa bertahan di hari lain. Masalahnya, kamu menjadi "tidak terlihat". Menjadi karyawan "hantu" tidak akan melindungi kamu dan sebenarnya bisa merugikan dalam jangka panjang karena tidak akan ada yang tahu keterampilan apa yang kamu punya.   Lifer Nah jenis karyawan ini jarang ditemukan, tapi tetap ada. Jika kamu salah satunya, saatnya mengubah rencana. Bertahan untuk sementara memang baik, tapi tidak jika karier macet dan kamu tidak mempunyai rencana untuk memberikan kontribusi yang signifikan. Perusahaan akan menginginkan lebih dari dedikasi, mereka menginginkan hasil.   Trainee Tentu, setiap orang membutuhkan sedikit pelatihan sesekali. Tapi jika sama sekali tidak memiliki keterampilan dasar yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan, justru kamu akan mendapat masalah.   Nah itu dia tipe tipe nya Sahabat TopKarir.  Yuk temukan tips lainnya di www.topkarir.com  
Jenis Pekerjaan Yang Membutuhkan Jiwa Sosial Tinggi

Jenis Pekerjaan Yang Membutuhkan Jiwa Sosial Tinggi

Kamu tipe orang yang memiliki jiwa sosial tinggi, suka membantu orang lain yang tengah mengalami kesulitan, menyukai bentuk macam perhatian, dan memiliki kepuasan tersendiri saat bisa membantu orang lain? Jika kamu memiliki jiwa yang selalu ingin menolong dan ingin membawa perubahan yang baik pada hidup orang lain, maka itu sudah menjadi salah satu modal kamu dalam memilih karir sebagai pekerja sosial. Berikut ini jenis jenis pekerjaan yang membutuhkan jiwa sosial, cocok untuk kamu nih. Simak ya! Guru Menjadi seorang guru adalah pekerjaan pertama yang membutuhkan jiwa sosial yang tinggi. Tidak hanya membina siswa secara akademik, seorang guru juga diharapkan untuk dapat membangun siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk itu seorang guru harus terampil dan cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam hubungan antar pribadi.   Konselor Untuk kamu yang suka aktivitas sosial ditambah mendengarkan keluhan orang lain, konselor adalah pilihan pekerjaan yang tepat. Pekerjaan ini cocok untuk seorang yang memiliki jiwa sosial tinggi dan suka berinteraksi langsung terhadap orang lain.    Perawat Menjadi seorang perawat adalah salah satu jenis pekerjaan yang paling sesuai untuk kamu yang mempunyai ketertarikan sangat besar terhadap lingkungan sosial. Kamu dituntut untuk memiliki jiwa sosial tinggi, yang mengutamakan kepentingan orang lain ketimbang kepentingan pribadi.  Pemadam Kebakaran Menjadi petugas pemadam kebakaran adalah salah satu pekerjaan yang memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Menjadi petugas pemadam kebakaran tidak hanya dituntut untuk melakukan penyelamatan korban kebakaran atau petugas pemadaman, mereka juga dituntut untuk melakukan penyelamatan korban bencana seperti banjir, gedung runtuh, gempa bumi dll. Mulia sekalikan pekerjaan ini?    Itulah empat jenis pekerjaan yang membutuhkan jiwa sosial yang tinggi. Jika kamu merasa memiliki tingkat kepedulian yang cukup dan suka membantu kesulitan orang lain. Rekomendasi pekerjaan diatas sesuai untukmu. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!   
Komentar